A World of Married Couple - Drama Review

Hallo, semuanya!
Gimana kabarnya nih di penghujung Bulan Ramadhan tahun ini? Masih betah kah #dirumahaja?
Kali ini gue akan mereview Drama Korea lagi, yang lagi booming banget dimana-mana, karena di kenal dengan drama Pelakor atau Perebut Laki Orang. Dari judulnya aja udah ketauan ya kalo gw akan bahas Drama Korea A World of Married Couple. 
Sebelum ke review nya, gue mau cerita sedikit nih, kenapa gue akhirnya menonton drama yang sedang heboh-hebohnya ini. Awalnya, gue bukan orang yang rutin nonton drama korea. Eventough gue ngikutin banget dunia per-K-pop-an, tapi gue sendiri bukan orang yang suka nonton drama korea. Sampai akhirnya, gue disarankan oleh teman gue untuk nonton drama ini karena ceritanya yang seru dan bikin gemes karena menceritakan tentang cewek pelakor. Drama ini gue tonton berbarengan dengan Itaewon Class. Buat yang mungkin belum baca dan tertarik buat baca, bisa ke postingan sebelumnya buat lihat review dari gw ehehe XD.

Tapi, pas gue nonton, gue pikir drama ini udah selesai, sama hal nya kayak gue nonton Itaewon Class. Eh ternyata masih ongoing. Jadi, gue putuskan buat nonton drama ini dan ngikutin sampai habis, dan ternyata setelah gue nonton.....hm menarik juga nih drama.
Ok, udah kepanjangan intronya, mendingan langsung ke review aja!


Source : My Drama List

A World of Married Couple
South Korean Drama, 2020. March 27 - May 16 (KOR)
Drama
70 Menit. 19+

Director : Mo Wan Il
Writer : Joo Hyun
Network : JTBC
Episode : 16
Cast : Kim Hee Ae, Park Hae Joon, Han So Hee, Jeon Jin Seo, Shim Eun Woo, Lee Hak Joo, Lee Kyoung Young, Park Sun Young, Kim Young Min, Lee Moo Saeng
Source : AsianWiki

Sinopsis : 
Ji Sun Woo (Kim Hee Ae) adalah seorang dokter yang sukses. Dia menikah dengan Lee Tae Oh (Park Hae Joon) dan memiliki seorang putra (Jeon Jin Seo). Ji Sun Woo terlihat memiliki segalanya, seperti karir yang cemerlang, kaya raya, dan keluarga yang bahagia. Namun, ia dikhianati oleh suaminya sendiri dan orang-orang disekitarnya.
Sementara itu, Lee Tae Oh bermimpi menjadi seorang sutradara film yang terkenal. Dia menjalankan bisnis di bidang entertainment dengan bantuan dari istrinya, Ji Sun Woo. Walaupun Lee Tae Oh mencintai istrinya, ia jatuh ke dalam hubungan yang berbahaya.
(Source : Asian Wiki)
Source : Bookmyshow

Cast dari kiri ke kanan :
Kim Hee Ae as Ji Sun Woo
Park Hae Joon as Lee Tae Oh
Han So Hee as Yeo Da Kyung
Seperti biasa, ini merupakan honest review dari gue setelah menonton drama ini dari episode awal sampai terakhir ya. Oiya, drama ini mengandung SPOILER. Jadi, buat kalian yang gak pingin kena spoiler, gue sarankan untuk nonton dulu dramanya atau kalau mau tau sedikit ceritanya, monggo dibaca wkwk XD
Seperti yang gue katakan sebelumnya, drama ini menarik, karena membahas tentang kehidupan pasangan yang sudah menikah lebih dari 10 tahun kemudian suaminya selingkuh dengan perempuan yang JAUH lebih muda dari istrinya sendiri.

Gue sendiri jarang banget nonton drama yang bertema perselingkuhan seperti ini, jadi ini merupakan first experience and my first time terhadap drama korea dengan tema demikian.

Drama ini adalah drama adaptasi dari serial Inggris berjudul Doctor Foster. Jadi, drama ini bukan original story ya. Gue sendiri baru tau sekitar 4 episode terakhir sebelum tamat, kalau drama ini merupakan drama adaptasi. Gue juga tidak tahu apa itu serial Doctor Foster dan gak ngikutin sama sekali. Jadi, ini pure pendapat gue dari menonton drama The World of Married tanpa komparasi dari Doctor Foster.

Story
Berdasarkan alur penceritaannya, gue suka. Di episode awal sudah dikasih lihat betapa bahagianya Ji Sun Woo dengan keluarga yang dia miliki. Sudah 10 tahun menikah tapi masih romantis dan mesra. Tapi, Ji Sun Woo merasa janggal dengan perlakuan suaminya terhadapnya yang berbeda dari biasanya. Setelah di usut, Ji Sun Woo jadi curiga sama suaminya sendiri dan jadi berlaku beda ke suaminya. Dan udah dikasih tau juga, kalau ternyata suaminya selingkuh sama perempuan yang merupakan anak dari CEO Perusahaan ternama di kota nya, Gosan, bernama Yeo Da Kyung (Han So Hee).

Oiya, disini diceritakan, latar belakang cerita ini berjalan di Kota Gosan. Gosan bukan merupakan kota besar seperti Seoul, tapi lebih ke kota kecil di Korea Selatan. Karena bersetting di kota kecil, jadi digambarkan kalau karakter di drama ini saling tau dan punya hubungan satu sama lain, karena penduduknya yang gak banyak dan memungkinkan rumor cepat menyebar.

Gue pikir, drama ini hanya akan mengisahkan bagaimana proses Ji Sun Woo pisah sama Lee Tae Oh karena diselingkuhin, ternyata drama ini JAUH lebih besar inti ceritanya daripada itu dong....

Episode 1-7, cerita yang disajikan jelas dan langsung to the point. Disini penonton dikasih lihat, gimana caranya Ji Sun Woo berusaha untuk lepas dari Lee Tae Oh dengan segala upaya yang dia bisa. Meskipun terkesan self centric banget, tapi mungkin begitu kaliya rasanya kalau perempuan diselingkuhin sama laki-laki. Pace episode 1-7 terbilang intens dan pas banget. Gak terlalu padat, tapi gak meaningless juga. Di setiap episode selalu membuat penonton penasaran dan dicampur aduk emosinya karena ulah dari pemeran disini. Disini, akhirnya Ji Sun Woo dan Lee Tae Oh completely broke up. Lee Tae Oh akhirnya memilih untuk hidup bersama dengan selingkuhannya karena merasa kehidupan pernikahannya membosankan dan mereka tinggal di luar kota.

Tapi, menjelang episode 8, gue merasa pace dari drama nya udah mulai melambat dan bikin gue agak bosen dengan dramanya. Tapi, itu gak melunturkan semangat gue buat menyelesaikan ini drama sampe tamat wkwk. Kerasa banget pacenya melambat dari episode 7 sampe episode 9. Karena, cerita yang dihadirkan gak seintens episode sebelumnya. Disini lebih ditekankan, ke karakter Ji Sun Woo yang akhirnya bisa lepas dari bayang-bayang Lee Tae Oh dan hidup bahagia berdua dengan anaknya.

Tapi, di episode 10 sampai tamat, ternyata disini plot twist terjadi. Diceritakan Lee Tae Oh yang kembali ke Kota  Gosan dan kembali sebagai sutradara terkenal dan kaya raya. Siapa lagi kalau bukan berkat bantuan istri keduanya yang merupakan anak orang kaya. Kembalinya Lee Tae Oh adalah untuk balas dendam ke Ji Sun Woo karena sudah "merebut" anaknya, Lee Joon Young (Jeon Jin Seo), yang sudah membuat citra buruk terhadapnya. Jadi, di episode berikutnya, kita dikasih lihat, bagaimana Lee Tae Oh berusaha untuk mendapatkan lagi perhatian anaknya dan menghancurkan hidup Ji Sun Woo. Namun, ternyata ada hal yang lebih besar lagi yang dimana ternyata, Lee Tae Oh masih menaruh rasa terhadap istrinya. But, cara menyampaikannya menurut gue lucu sih, abis kayak gengsi gitu kalau sebenarnya mereka masih sama-sama suka wkwk (tapi kalau di drama digambarkannya drama banget pakai emosi wkwk). Disini juga dijelaskan kalau, cara Lee Tae Oh bisa berkomunikasi dengan Ji Sun Woo adalah dengan menggunakan anak mereka yang dianggap sebagai "alat" untuk berhubungan satu sama lain. 

Sedih sih, karena Lee Joon Young yang masih muda dan lagi masa-masa pubertas harus merasakan hidup dengan orang tua yang berpisah di depan matanya dan tau perlakuan apa yang dilakukan kedua orang tuanya. Di episode berikutnya juga dijelaskan, kalau Lee Joon Young desperate banget dengan hidupnya dia yang orang tuanya selalu diomongin di sekolah dan gak terima dengan kehidupannya dia yang sekarang. Dia jadi membenci kedua orang tuanya dan gak suka kalau melihat orang tuanya bersatu.

Tapi, pas di episode 14 keatas, gue udah mulai bisa menebak ending dari cerita ini dan ternyata benar adanya wkwk. They all were all alone eventually. Karena lingkungan mereka yang toxic banget, membuat mereka pada akhirnya lebih baik berpisah dan tidak menjalin hubungan dengan siapapun. Bahkan anak mereka pun juga memilih untuk hidup sendiri telepas dari bayang-bayang orangtuanya. 

Pada akhirnya, masing-masing dari karakter berusaha untuk berdamai dengan masa lalu dan introspeksi dengan kesalahan yang sudah diperbuat. Mereka belajar untuk memaafkan dan move on. Meskipun gak mudah, tapi setidaknya mereka sudah lepas dari beban yang selama ini menghantui mereka. Buat gue pun, ini adalah ending yang baik untuk semuanya, karena kalau mereka tetap bareng-bareng (gak cuma karakter utama ya), yang ada mereka akan selalu terbebani dengan hidup mereka.

Overall, cerita yang dihadirkan kompleks banget dan berhasil mengaduk emosi penonton. Point of view disini memang lebih ditekankan ke Ji Sun Woo, tapi karakter lainnya juga diceritakan dengan sangat baik dan jelas penyelesaiannya. Gak cuma jadi pelengkap aja, tapi juga ada ceritanya masing-masing. Gue sendiri bingung mau menjelaskannya gimana, tapi itu yang bisa gue simpulkan dari inti cerita di drama ini.

Character
Karakter Ji Sun Woo sendiri bukan perempuan yang lemah lembut, keibuan dan manut-manut aja kalau ada orang yang mengancam atau menyerang dia. She will fight for it dan mencari kebenaran for the sake of her life. Cuma kelemahannya adalah, mudah banget dipengaruhi dan jadi overthink terhadap hal-hal lain.

Lee Tae Oh juga digambarkan sebagai orang yang menurut gue, dimanjain sama ibunya, jadi dia sendiri gak bisa milih mana yang terbaik untuk hidupnya dia. Karakter Lee Tae Oh ini menyebalkan wkwk. Karena meskipun tema dari drama ini adalah perselingkuhan, tapi sebenarnya sumber masalahnya dari Lee Tae Oh sendiri dan dia gak menyadari apa yang sudah ia perbuat. Ketika hidup dengan Ji Sun Woo, dia hidup enak, semuanya di tanggung oleh istrinya. Namun akibatnya, Lee Tae Oh jadi kurang dihormati dan dipandang oleh orang-orang sekitar karena overshadow oleh istrinya sendiri yang lebih sukses dari dia.

Karakter si pelakor, Yeo Da Kyung (Han So Hee), diceritakan sebagai seorang anak tunggal dari CEO terkenal dan kaya raya di Gosan, dan hidupnya enak banget, kayak ga pernah ngerasain susah wkwk. Di awal cerita, Yeo Da Kyung hidup terpisah dengan orang tua nya dengan motif ingin hidup mandiri. Namun, dia sendiri tidak bisa menjalankannya dengan baik. Dia bucin banget sama Lee Tae Oh dan berharap, (bahkan memaksa) Lee Tae Oh untuk berpisah dengan istrinya dan memilih dia sebagai pasangannya. Mungkin hal ini ya, yang bikin penonton gemes dan sebel banget sama Yeo Da Kyung karena bener-bener merebut suami orang XD. Namun, ternyata dia hamil hasil hubungannya dengan Lee Tae Oh dan gak mau menggugurkan kandungannya. Akhirnya Lee Tae Oh pun tau dan dia juga gak mau anak mereka digugurkan. Satu-satunya pilihan adalah mereka hidup bersama dengan anak mereka.

Sejujurnya, karakter di drama ini banyak banget dan mereka saling berhubungan. Tapi, karakter yang di highlight di drama ini, lebih ke tiga karakter diatas. Nih, gue kasih liat betapa complicatednya hubungan antar karakter di drama ini.

Source : Dramawiki

Banyak banget kan? Overall, semua karakter disini toxic, wkwk. Asli, toxic semua dan saling menyakiti, bahkan sulit untuk percaya dengan orang lain di drama ini. Karakter protagonis dan antagonisnya dieksekusi dengan sangat baik dan berhasil membuat penonton larut akan ceritanya. Hal lain yang mungkin sedikit minor buat gue adalah, karakter Park In Kyu dan Min Hyun Seo, (yang sebenarnya adalah pasangan kekasih di dalam drama) yang motifnya kurang dijelaskan kenapa karakter utamanya mau bekerja sama dengan mereka, terutama Park In Kyu ya. Kalau Min Hyun Seo, digambarkan dia punya background story yang sama dengan Ji Sun Woo, makanya Sun Woo bisa berempati dengan dia. Selain itu, penyelesaian dari hubungan keduanya juga terasa tiba-tiba. Tapi, itu gak berpengaruh banget ke inti ceritanya.

Kalau soal acting, buat gue, semua karakter disini punya powernya masing-masing di dalam cerita, jadi berhasil membuat emosi di dalam drama ini solid banget dan sukses bikin penonton sebel sekaligus gregetan sama karakter-karakternya. Baik karakter utama maupun karakter pendukung.

Afterfeeling  
Yang gue rasakan setelah menonton keseluruhan drama ini adalah, drama ini entertaining banget dan dapet banget drama nya. I mean, drama yang bener-bener drama banget ya, kayak sinetron. Digambarkan secara realistis dan relateable banget dengan kehidupan yang terjadi. Setelah menonton ini, gue jadi mikir kalau ternyata gak selamanya kita bisa hidup bahagia seperti yang kita impikan. Sometimes, we have to fight for what we deserve and karma does exist. Selain itu, korban dari perselingkuhan dan perceraian bukan cuma antara suami atau istri, melainkan anak.

Seperti yang sudah gue jelaskan di atas, Lee Joon Young yang masih SMP dihadapkan oleh situasi orang tua mereka yang selalu berantem dan gak akur. Udah gitu, ibu maupun bapak sama-sama bersikeras dengan kemauan masing-masing dan pada akhirnya Lee Joon Young cuma bisa menerima dengan keputusan orang tua nya. Lee Joon Young juga gak dikasih penjelasan secara jelas dan dibiarkan tau dengan sendirinya apa yang sebenarnya terjadi dengan orang tuanya. Orang tua nya pun selalu menenangkan Joon Young dengan bilang "don't worry", padahal mah di dalem hatinya, Lee Joon Young patah hati banget. Tapi, dia gak bisa mengekspresikannya dengan lantang. Dia cuma bisa diam, pergi ataupun nangis sebagai bentuk kekecewaannya.

Sampai seiring waktu berjalan dan Joon Young semakin besar, dia mengerti kalau dia bukanlah "alat" yang orang tua nya bisa mereka gunakan. Joon Young juga punya perasaan dan juga punya pilihan untuk hidupnya dia. Meskipun di akhir episode gue sempet kepancing emosi sama Sun Woo yang mendadak jadi baik lagi ke Tae Oh, hal itu malah membuat Joon Young salah paham terhadap orang tuanya, yang akhirnya membuat Joon Young kabur dan membuang handphone nya, jadi dia gak bisa komunikasi dengan siapapun dan homeless selama satu tahun.

Gue sempet merasa, "ya ampun jangan salah paham dulu apa, tanya dulu kek ke emak lu". Tapi, Joon Young udah terlanjur kecewa dengan tindakan ibunya yang menunjukkan seolah-olah dia akan rujuk dengan bapaknya, dan itu membuat Joon Young benci dengan keduanya. Mungkin itu adalah ending terbaik untuk drama ini ya, karena penonton benar-benar "ditampar" dengan perlakuan dari Joon Young dan membuat kedua orang tuanya terpukul dengan kejadian yang selama ini mereka alami. 

Ending dari drama, penonton cuma dikasih clue dan narasi dari Ji Sun Woo yang mengungkapkan betapa dia menyesal dan belajar dari kesalahan yang udah dia perbuat. Dia bisa memaafkan diri dia sendiri kalau anaknya kembali ke dia. Tapi di akhir cerita, kita gak dikasih gambaran secara jelas apakah Joon Young betul-betul kembali ke Sun Woo. Jadi, ini merupakan open ending dimana penonton bebas menentukan ending dari drama ini, apakah itu cuma khayalan Sun Woo aja atau memang anaknya benar-benar kembali.

Score
Overall, gue kasih nilai 8,5/10 untuk A World of Married Couple. Meskipun di tengah-tengah episode terasa lamban dan ada karakter yang sedikit banget minornya, gue sangat terhibur dengan drama ini dan gue merekomendasikan kalian untuk menonton drama ini biar kalian tau gimana sih rasanya kehidupan pernikahan itu. Permainan emosinya dapet banget dan drama yang ditawarkan gak lebay.

Oiya, selain di Indonesia, drama ini juga hype banget di Korea dan rating tiap episodenya selalu tinggi. Jadi emang worth to watch banget!

Comments

Popular posts from this blog

Pembangunan Pertanian Basis Ekonomi Indonesia

Secure

Support System